Memperlihatkan Penghargaan pada Karyawan

 

Seorang bos atau atasan sejatinya tidak memerlukan alasan khusus untuk memperlihatkan penghargaan kepada karyawannya. Demikian juga dengan seorang karyawan kepada sesama rekan sekerjanya. Penghargaan bisa diberikan setiap saat sepanjang tahun. Kejutan kecil, atau pujian merupakan bagian dari bentuk-bentuk penghargaan yang bisa menyemangati hari-hari kerja. Berikut 10 cara untuk memperlihatkan penghargaan dan rasa terimakasih kepada karyawan maupun teman sekantor.

1. Sampaikan pujian kepada karyawan atau teman sekerja untuk setiap pekerjaan yang telah berhasil mereka selesaikan. Pilih ungkapan atau sikap yang secara khusus menunjukkan perasaan menyanjung.

2. Ucapkan ‘terima kasih’. Tunjukkan apresiasi untuk kerja keras dan kontribusi mereka. Dan, jangan lupa untuk mengucapkan “tolong” sesering mungkin. Lingkungan kerja yang penuh suasana keramahtamahan akan menyenangkan semua pihak.

3. Ajak ngobrol karyawan atau kolega tentang keluarga mereka, hobi yang mereka tekuni, acara akhir pekan atau acara-acara khusus yang mereka hadiri. Sikap ketertatikan yang Anda tunjukkan membuat orang merasa dihargai dan dipedulikan.

4. Berikan kemudahan bagi staf Anda untuk menjadwalkan liburan (cuti).

5. Kenali kesukaan rekan sekerja untuk memberi hadiah di hari-hari tertentu, seperti hari ulang tahun. Pemberian yang tulus dan ekspresi Anda ketika memberikannya akan menjadi hari bahagia rekan sekerja Anda lebih bermakna.

6. Bagi para bos, sesekali bila memungkinkan, memberi dalam bentuk uang kepada karyawan akan sangat membantu. Misalnya, sebagai bonus akhir tahun atau bonus kehadiran.

7. Setiap orang menyukai kegiatan yang berkaitan dengan “makan-makan”. Ajaklah kolega atau staf makan siang bersama pada momen-momen tertentu, atau bisa juga dilakukan tanpa alasan khusus apapun.

8. Bikin perayaan khusus kecil-kecilan yang meriah pada hari-hari libur nasional tertentu. Misalnya, mengelar aneka macam lomba pada hari kemerdekaan.

9. Bawa kue, donat, cokelat atau makanan kecil ke kantor. Lebih menyenangkan kalau Anda bisa mengatakan bahwa kue yang Anda bawa adalah buatan tangan Anda sendiri.

10. Sediakan kesempatan. Setiap orang ingin bertambah pengetahuan dan keterampilannya dan berubah posisinya. Berikan pelatihan. Libatkan staf dalam komite khusus yang ada di perusahaan. Kesempatan untuk menghadari pertemuan-pertemuan asosiasi profesional dan seminar sangat berharga untuk menambah pengalaman seseorang.

Sepuluh cara di atas hanyalah rangsangan ide tentang cara-cara memperlihatkan penghargaan kepada karyawan dan kolega. Kembangan sendiri ijaminasi Anda untuk menemukan bentuk-bentuk penghargaan yang lain. Tak ada rumus atau aturan baku dalam hal ini. Ada ratusan cara lain yang bisa Anda temukan untuk mensukseskan usaha-usaha membangun lingkungan kerja yang nyaman dan produktif.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: