Apa golongan darah Anda?

Bicaralah Sesuai Golongan Darahnya

Golongan darah ternyata menentukan cara orang berpikir, berucap dan bertindak. Dan, ini berlaku untuk seluruh ras manusia. Entah itu orang Asia, Afrika, Amerika atau Australia. Kalau di Amerika dan Eropa, parameter empat kepribadian (sanguinis, melankolis, koleris dan plegmatis, hasil temuan Hippocrates) dan di Tiongkok,12 shio menjadi landasan penilaian karakter seseorang, orang Jepang lain lagi. Mereka meyakini perbedaan itu karena golongan darah. Praktek pemilihan golongan darah ini dilakukan oleh mereka pada saat akan merekrut tenaga kerja untuk kebutuhan profesional. Untuk posisi tertentu, jenis golongan darah yang dibutuhkan akan bervariasi. Karena menurut keyakinan orang Jepang, tidak semua golongan darah dapat bekerja sama baiknya di semua posisi. Ada golongan darah tertentu yang tidak cocok menduduki posisi manajer pemasaran misalnya namun sesuai menjadi manajer keuangan. Walau pun kini gagasan seperti ini perlahan-lahan mulai memudar di Jepang, namun pada waktu hampir bersamaan, di belahan barat justru mulai memerhatikan potensi penentu kepribadian berdasarkan penggolongan darah ini. Belum jelas memang apakah golongan darah ada hubungannya dengan kepribadian, tetapi orang-orang di benua Amerika justru tengah menelitinya secara lebih mendalam. Namun yang pasti, buat penemunya, Furukawa Takeji, seperti yang ditulisnya pada tahun 1927 di tesisnya “The Study of Temperament through Blood Type” yang diluncurkan di Ochanomizu Women’s University, golongan darah akan memengaruhi kepribadian dan karakter seseorang secara langsung. Takeji tidak sendirian soal ini. Menurut hasil penelitian Dr Peter J. d’Adamo dalam buku “Eat Right for Your Type”, ternyata ada jenis makanan tertentu yang baik dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah tertentu, begitu juga sebaliknya. Orang yang bergolongan darah “O” misalnya, ternyata sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi atau teh karena dapat menghambat aliran energi yang dimiliki. Untuk melengkapi referensi ini, Penulis sendiri, dalam buku karyanya “Understanding You Communication Styles”, juga membahas hal senada dengan tambahan cara berkomunikasi sesuai golongan darah yang ada.

Karakter Menurut Golongan Darah 

Guna memudahkan pemahaman bahwa setiap golongan darah itu memang berbeda, baiknya kita lihat distingsi karakter itu plus profesi yang sesuai dengannya berikut ini. Orang dengan golongan darah A memiliki kekuatan karakter yang mengakar kuat. Mereka bisa tetap tenang dalam krisis ketika semua orang panik menghadapi situasi serupa. Mereka cenderung menghindari konfrontasi, dan tidak terlalu nyaman berada di antara orang banyak. Terkadang cenderung menjadi pemalu dan suka mengasingkan diri. Golongan ini suka mencari keharmonisan, sangat sopan dan bertanggung jawab. Jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan, mereka lebih suka mengerjakannya sendiri. Orang-orang dengan golongan darah ini selalu mengukir sukses dan sangat perfeksionis. Mereka juga sangat kreatif, dan paling artistik di antara semua golongan darah yang ada karena kesensitifan mereka. Mereka biasa direkrut untuk posisi direktur, manajer, kepala departemen, dan semua posisi yang bersentuhan dengan kepemimpinan. Sementara itu, orang dengan golongan darah B adalah spesialis di bidang yang digelutinya. Ketika mereka memulai sebuah proyek, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk memahami dan mengikuti petunjuk yang diperlukan untuk itu. Mereka cenderung berpedoman pada tujuan dan mengejarnya sampai tuntas walau pun kelihatannya pekerjaan itu tidak mungkin dilakukan. Mereka cenderung kurang kooperatif dan lebih suka mengikuti peraturan dan gagasan mereka sendiri. Orang dengan golongan darah ini memberikan perhatian lebih kepada pikiran daripada perasaan mereka. Karenanya, terkadang kelihatan sangat dingin dan serius. Pekerjaan paling baik buat mereka adalah manajer keuangan, akunting, programmer, arsitektur, konsultan dan segala pekerjaan yang banyak bermain di tataran konseptual bukan operasional.

Lain lagi dengan orang-orang bergolongan darah O. Mereka adalah tipe orang yang tidak banyak ambil pusing, penuh semangat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka termasuk golongan orang yang paling fleksibel di antara semua golongan darah yang ada. Cepat memulai sebuah proyek namun mengalami masalah ketika melanjutkannya dan tidak jarang banyak juga yang dengan mudah menyerah di tengah jalan. Mereka selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka secara langsung. Jujur. Menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang bergolongan darah O ini memiliki rasa percaya diri yang sungguh kuat. Selalu semangat dan dapat berkomunikasi berjam-jam dengan orang yang cocok. Cocok karena bisa mengikuti ritme bicara mereka yang sangat positif, konstruktif, optimistis dan motivatif. Di Jepang, golongan darah ini merupakan golongan darah kebanyakan orang disana dan paling disukai (jika diurutkan: O, A, B dan AB). Profesi yang sesuai adalah manajer pemasaran, penjualan, public relation, negosiator dan semua pekerjaan yang berkaitan dengan komunikasi publik. Mereka jagonya!

Yang terakhir, golongan darah AB. Orang dengan golongan darah ini memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu bersamaan (A dan B). Artinya, di satu sisi mereka pemalu, di sisi lain, sangat terbuka. Mereka dengan mudah mengubah satu sisi ke sisi yang lain. Yang positif dari mereka adalah dapat dipercaya dan bertanggung jawab. Golongan ini tidak akan keberatan membantu sepanjang sesuai dengan syarat mereka. Orang-orang dengan tipe darah ini sangat suka seni dan metafisika. Karenanya, tidak heran jika mereka itu tenang, damai dan terkesan filosofis. Mereka akan berhasil maksimal jika berada di posisi manajer Human Resource Department (HRD), penasihatcorporate, manajer Corporate Social Responsibility (CSR) dan segala kedudukan yang berkaitan dengan komunikasi dan resolusi korporasi dengan shareholders mau pun stakeholders. Bahasa awamnya, ia bisa menjembatani pihak-pihak terkait, terutama dalam kondisi pelik dan konflik.

Menyadari bahwa setiap karakter berbeda karena golongan darah, pilah dan pilihlah partner kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap orang unik adanya. Kinerja dan prestasi kerja berbeda sesuai golongan darahnya. Ada baiknya, selalu bertanya, jika tidak mampu mendeteksi, “Apa golongan darah Anda?” dan sesuaikan gaya bicara Anda dengannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: