The Accidents (manga review)

Akhir2 ini negara kita sering mengalami musibah, mulai awal tahun 2007 kita prihatin dan berkabung atas peristiwa kecelakaan dasyat atas maskapai penerbangan lokal yang menewaskan ratusan orang yang hingga saat ini masih belum diketahui jasad para korbannya, kemudian beruntun kecelakaan yang dialami oleh berbagai sarana transportasi mulai darat, laut, dan udara.
Kemarin aku memperoleh pinjaman setumpuk manga oleh adikku yang berjudul sederhana ” The Accidents” karya Yamada Takatoshi (1996)
The Accidents pertama kali diserialisasikan lewat Shonen Sunday, sebuah majalah mingguan dan kemudian diterbitkan oleh Shogakukan dalam bentuk tankoubon dan keseluruhannya telah selesai menjadi 12 jilid. Kita telah dapat membaca versi bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Elex media Komputindo (2005)
Saat membaca komik jepang/manga satu ini tiba2 mengingatkan kondisi yang dialami bangsa kita saat ini.
Kecelakaan atau bencana seringkali dianggap masyarakat kita sebagai takdir atau musibah yang bisa dihindari dan kita tidak pernah terpikir untuk menyelidiki dan mengusut kalau kecelakaan itu tidak selalu murni kecelakaan semata.

Zettai jiko gen’in o tsukitomeru!!
The cause of the accident is traced clearly!!

Manga ini bertutur tentang seorang detektif khusus penyelidik kecelakaan bernama Kujiragi Yuu (panggilan Kujira ato ikan paus) sesuai dgn postur tubuh besarnya:)
Awal mulanya dia berprofesi sebagai designer pesawat terbang. Ia memiliki seorang sahabat yang bernama Minazuki Yutaka. Mereka berjanji akan menciptakan sebuah pesawat bersama-sama namun mimpi belum terlaksana karena Minazuki telah keburu meninggal dalam sebuah tragedi. ( baca buku ke-4 : case Wing’s Memory ) thats my favorite chapter.
Setelah Minazuki meninggal, Kujira berhenti menjadi designer pesawat terbang dan memutuskan untuk meneruskan profesi Minazuki sebagai penyelidik kecelakan.
Sehari-harinya Kujira yang juga memiliki sebuah toko mainan yang dikelola bersama Hiiragi putri tunggal Minazuki yang diasuh penuh oleh Kujira atas permohonan terakhir sahabatnya.
Berbagai kasus dipecahkan oleh Kujira mulai yang sederhana hingga kasus2 rumit yang bersifat politis, namun kesemuanya membuat aku ingin suatu saat Indonesia juga memiliki orang2 seperti Kujira yang berdedikasi total terhadap pekerjaannya dan minimal juga memiliki biro khusus menangani masalah2 kecelakaan agar kita dapat mengantisipasi sebelum terjadi sebuah kecelakaan yang sama terulang kembali.

Ore wa shinjitsu o shiritai dake da
Shosite nido to onaji jiko o oko shita kunai
– Kujiragi Yuu –

Aku hanya ingin tahu kebenarannya
Dan berharap kejadian yang sama tidak akan terjadi untuk yang kedua kalinya
– Kujiragi Yuu

Jiko wa okoru
Daka onaji jiko wa fusegu kotoga dekiru
– Minazuki Yutaka

Kecelakaan terjadi
Akan tetapi kecelakaan yang sama dapat dicegah
– Minazuki Yutaka

repost Mojokerto 2April2007

http://sugwan.multiply.com/journal/item/3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: