Mamat nge-TOP ya

Mamat, pesuruh di kantor kami dikenal
suka omong gede, ngakunya kenal sama
semua orang beken di negeri ini.
Tingkahnya itu kadang-kadang ngeselin.
Suatu waktu, boss-nya penasaran dan
ingin membuktikan bualannya.

“Oke boss” kata si Mamat, “sebutin aja
deh nama orangnya yang ane kagak kenal”.
“Coba buktiin you kenal nggak sama si
Maya Ahmad”.
“Beres boss. ‘Yuk kita ke pengadilan.
Maklum si Maya ‘ kan lagi ngegugat-
cerai lakinya.”

Di pengadilan, menunggu sebentar, nggak
lama kemudian muncul Maya diiringi
pengacaranya. Begitu lewat di depan si
Mamat, langsung si Maya negor:”Eh,
Mat ke mana aja udah lama nggak
keliatan?”, diiringi cium pipi kiri dan
kanan ala selebritis. “‘Ntar kalo
urusan udah selesai main ya kerumah”.

Sejenak si boss terpana, tapi tak lama
kemudian dia ngomong: “Ah, saya masih
belum yakin. ‘ngkali kebetulan aja. Ayo
sekarang tunjukin kalo you kenal sama si
Liem Sioe Liong”. “Beres boss”.

Esoknya mereka menunggu di lobby gedung
BCA yg diagunin ke BPPN itu. Tak lama
kemudian muncullah si taipan diiringi
bodyguard-nya. Melihat si Mamat, eh
si taipan nyamperin:
“Haiyya, Mat. Tumben elu baru nongol.
Owe udah lama nyariin elu. Ke mana
ajah? Yuk keatas dulu, kita ngopi
sebentar”.
“Wah, ‘koh, ane lagi banyak urusan nih.
Kamsia deh. Kapan-kapan ane pasti
mampir lagi”.
Si taipan nyautin: “Iya dah. Jangan lupa
ya”, sambil tangannya menyisipkan
sesuatu ke kantong si Mamat. Beberapa
saat si boss melongo menyaksikan semua
adegan pembicaraan. Tapi si boss masih
penasaran, katanya:
“Oke deh, saya udah hampir percaya semua
yang saya saksikan. Tapi ini test
yang terakhir. Coba buktiin kalo you
kenal sama Gus Dur”.
“Yakh boss, terang ane kenal, ‘kansaben
hari nongol di TV”.
“Bukan itu maksudku, tapi kenalnya kenal
beneran”, sergah si boss.
“Beres deh boss, ‘kanhari Minggu ada Gus
Dur di Senayan. ‘Ntar kita ke sana .”

Hari Minggu sungguh luar biasa, ribuan
massa sudah luber di Senayan.
“Wah, boss kalo gini caranya susah juga
ya. Gimana caranya dia tau ane ada
di sini.
Tapi… gini aja deh, boss. Boss tunggu
aja di sini. Boss liat aja nanti ane
keluar di podium barengan ame Gus Dur.
Ane kenal kok sama Banser-Banser yang
tugas di podium.”

Ditunggu-tunggu, setengah jam kemudian
tepuk tangan bergemuruh nyambut Gus Dur
keluar dari podium, dan…keluar dengan
digandeng si Mamat disebelahnya. Di
sebelah satunya jelas si Yenny,
putrinya. Tak lama kemudian si Mamat
balik mau nemuin boss-nya. Kaget dia
nemuin bossnya pingsan dikelilingi
Petugas P3K, jangan-jangan serangan
jantung. Setelah ditunggu beberapa lama
kemudian, pelan-pelan dia ngomong
ke si bossnya:
“Boss, boss kenapa ente”.
Nggak lama si boss buka matanya,
setengah berbisik “Nggak apa-apa. Aku
nggak apa-apa”. “Abis kenapa bisa
kejadian begini?”, tanya si Mamat.
“Tadi waktu you keluar bareng Gus Dur di
podium, orang di sebelah saya ngomong:
“EH, SIAPA TUH YANG DIGANDENG SI MAMAT???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: